Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Tanpa Harus Ke kantor BPJS, Daftar Online saja !

JurnalFaskes
0

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Daftar BPJS tanpa harus datang kekantor BPJS langsung, yaitu hanya dengan menggunakan aplikasi JKN Mobile.
Hal ini sangat memudahkan bagi masyarakat yang tempatnya dipedesaan dan jauh dari cabang BPJS setempat. Dengan hanya melalui aplikasi mobile masyarakat yang jauh bisa mendaftar kapanpun.

Apasaja yang perlu disiapkan untuk bisa daftar BPJS Secara Online melalui Mobile atau aplikasi HP.

Syarat-Syarat  Yang Harus disiapkan
Persyaratan daftar BPJS antara yang langsung ke kantor dengan yang online tidak berbeda jauh. Berikut ini adalah persyaratannya:

1. KK (kartu keluarga)
2. KTP (kartu tanda penduduk) yang masih belaku
3. Alamat Email dan No HP anda
4. Nomor Rekening Penanggung yang digunakan untuk pembayaran Iuran

Dan pastikan bahwa anda sudah memasang aplikasi JKN Mobile Di Smartphone anda, jika belum memasang atau menginstalnya, silahkan buka tautan berikut ini "JKN Mobile".

Langkah pertama download aplikasi BPJS Kesehatan dari Google Play Store melalui tautan ini. Setelah aplikasi terpasang kemudian jalankan lalu pilih tombol Pendaftaran Peserta Baru.


Setelah itu pengguna akan ditampilkan tentang Syarat ketentuan aplikasi dalam pendaftaran melalui JKN Mobile, harap dibaca terlebih dahulu secara seksama, jika anda sudah memahami dan mensetujui persyaratan yang berlaku maka klik tombol Saya Setuju.


Jika anda sudah setuju maka akan diarahkan ke halaman input NIK/E-KTP, untuk tahap ini silahkan masukkan NIK anda sesuai data pribadi anda. Jika sudah klik tombol selanjutnya.

Perhatikan NIK anda dan input secara benar, jika sudah di input dan klik tombol cari, maka data peserta akan tampil seperti berikut.
jika peserta sudah terdaftar maka akan ada keterangan terdaftar dan jika belum maka belum terdaftar.
tekan tombol Selanjutnya.
jika sudah berikut adalah tampilan untuk pemilihan tempat domisili dan Faskes terdekat yang biasanya anda kunjungi ketika berobat dan meminta surat rujukan, jika data sesuai KTP maka tinggal pilih data anda sesuai dengan KTP, namun apabila status anda domisili di wilayah lain yang tidak sesusai dengan ktp anda, maka isikan sesuai dengan domisili dan pilih faskes terdekat dengan domisili.
Pilih kelas sesuai dengan yang anda inginkan, dan diaplikasi sudah tertera tarif untuk setiap kelas.

Setelah itu anda diminta untuk memasukkan nomor hp dan juga email, tujuannya untuk penyampaian iformasi berkaitan dengan data anda di JKN Mobile maupun BPJS Kesehatan.

Jika tahapan sudah selesai anda lakukan, Selamat anda telah berhasil daftar, lalu kemudian bagaimana cara aktivasi kartu kita supaya bisa digunakan,
setelah daftar, segera cek Email yang anda input saat pendaftaran karena Virtual Account anda dikirim melalui email yang telah anda inputkan.

Berikut Contoh Virtual Account BPJS

Untuk pembayaran gunakan nomor Virtual anda, pembayaran dilakukan 14 hari setelah anda melakukan registrasi baru BPJS Kesehatan. jika sudah 14 Hari dan anda sudah membayarnya, Kartu Otomatis langsung aktif.

NB : Saat anda mendaftarnkan diri otomatis semua keluarga yang ada dalam satu KK(Kartu Keluarga) akan terdaftarkan semua, kecuali keluarga tersebut sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan.


Sekian Ulasan yang saya sampaikan, Semoga Bermanfaat, silakan tinggalkan komentar untuk memberikan saran dan pendapat anda.


Tags

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top