Cara Mengatasi "Pengiriman data Klaim Gagal" Pada INACBG

JurnalFaskes
0
Bagi Rumah Sakit yang melayani pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang saat ini menggunakan aplikasi INACBG 5.1, disini saya akan membagikan sedikit pengalaman mengenai problem saya dengan INACBG, yang pernah terjadi. permasalahannya yaitu pada saat melakukan Grouper terjadi error, dan permasalahan lainnya ketika sukses melakukan Grouper, justru pada saat melakukan kirim Klaim online justru yang tampil adalah "Pengiriman data Klaim Gagal. Mohon Check Koneksi Internet", padahal internet lancar jaya,Kemungkinan karena koneksi internetnya yang tidak stabil atau terputus, akhirnya saya menggunakan Kabel LAN untuk koneksi internetnya langsung, namun hasilnya tetap saja seperti itu. Padahal dikomputer yang satunya tetap bisa dijalankan sebagaimana mestinya, lah trus apa masalahnya ? Setelah saya cek OS Windows memang agak sedikit berbeda, yaitu yang Normal menggunakan Windows 32Bit dan yang bermasalah menggunakan Windows 64Bit dengan putus asa saya mengambil jalan terakhir yaitu melakukan Instal Ulang pada komputer yang bermasalah, namun apa yang terjadi. Aplikasi tetap saja bermasalah. pada saat itu saya cukup dibikin pusing, karena pasien yang akan diklaim juga sudah mulai banyak, meskipun Rumah Sakit yang saya tangani ini masih tergolong Rumah sakit Tingkat D, yang biasanya dikerjakan dengan 3 komputer ini terpaksa mengoperasikan 2 komputer saja untuk entry dan juga Klaim online.

 

Setelah saya saya ceritakan permasalahan saya, disini ada beberapa solusi bagi teman-teman yang mengalami permasalahan yang sam dengan saya.

Apa yang saya lakukan ?
Karena saya tidak menemukan solusi, maka saya tanya dengan teman yang bekerja dirumah sakit daerah lain, Saat itu tanya-tanya melalui Telepon tidak begitu jelas, akhirnya saya memutuskan untuk datang ke tempat kerja beliau, dengan membawa PC 2 unit, untuk jaga-jaga saja siapa tau nanti yang satunya error juga, setelah sampai tujuan dengan akhirnya saya ceritakan yang terjadi 

Setelah lelah otak-atik aplikasi INACBG dan mengalami beberapa kemungkinan yang bisa saya lakukan adalah mencoba berbagai macam cara agar bisa jalan kembali.

Dan akhirnya dapat juga caranya, langsung saja,

1. Buatlah User yang berbeda untuk setiap petugas pengendali BPJS/INACBG.
Perlu teman-teman ketahui pada saat terjadi error, saat itu saya masih bekerja  kurang dari 1 bulan, jadi saya belum begitu mengerti dengan program ini. Lanjut, kenapa harus membuat user baru, karena 1 user seharusnya tidak boleh melakukan proses yang bersamaan dengan menggunakan IP yang berbeda, ada baiknya gunakan IP Static atau ip yang tidak berubah-ubah. Untuk membuat IP Static nanti videonya nyusul.

2. Instal Pacth Terbaru dari Website INACBG
Bagi teman-teman yang sudah menggunakan Aplikasi Inacbg pasti sudah tahu websitenya, nah untuk itu silahkan teman-teman download Patch E-Klaim INA-CBG dari website resmi Kemenkes, karena biasanya grouper jika sudah Expired tidak akan bisa berjalan normal atau akan terjadi error, maka dari itu silahkan dipatch E-Klaim_INA-CBG nya. dan pastikan untuk backup terlebih dahulu. Silahkan download Patch Eklaim diwebsite resmi Kemenkes, Link

3. Cukup Instal Aplikasi E-Klaim INA-CBG di satu komputer yang dijadikan server.
Kesalahan fatal saya adalah disini, seperti halnya di point 1, saya instal aplikasi E-Klaim di banyak komputer, dan fatalnya lagi saya tidak membuat user yang berbeda antara komputer 1 dengan lainnya, sehingga database tidak sinkron dan pastinya aplikasi tidak akan terjadi redudansi data, karena 1 user dengan IP yang berbeda menginput data yang berbeda atau bahkan data yang sama sehingga terjadi redudansi, pada saat dikirim Online akan terjadi trouble.  oleh karena itu buatlah 1 komputer sebagai server,
Caranya teman-teman harus terlebih dahulu menentukan IP Static untuk komputer tersebut,


misalkan seperti ini.



Nah jika sudah, maka teman-teman cukup jalankan E-klaim INA-CBG di komputer server dan sudah bisa diakses dikomputer lainnya dengan satu syarat bahwa komputer client atau komputer lainnya harus terhubung dengan jaringan yang sama, bahkan dengan menggunakan HandPhone anda juga sudah bisa mengaksesnya.


Tentunya permasalahan yang sama belum tentu penyebabnya sama, dan solusinya pun berbeda, karena masalah "Pengiriman data klaim gagal" tidak hanya permasalahan seperti yang diatas.

Untuk solusi permasalahan yang lain, akan segera saya share.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top